HUBUNGI KAMI


Bromo Travel Guide

Office : 0335-4513883
Phone/Whatsapp : 085233330011
Pin BB : 599E16ED

Bromo Travel Guide Email


Kantor Pemasaran

Jl. Brantas 370 Kademangan Probolinggo 67225 Jawa Timur Indonesia
Home » » Harga tiket masuk wisata gunung Bromo terbaru (updated)

Harga tiket masuk wisata gunung Bromo terbaru (updated)

Harga Tiket Masuk Wisata Bromo Terbaru (updated)

Harga Tiket Masuk Gunung Bromo Terbaru dan Terupdate - Bagi para pencinta traveling domestik maupun mancanegara tentunya sangat menanti-nantikan untuk berwisata dan menikmati panorama Gunung Bromo yang sangat terkenal dengan wisata bromo sunrise ini. Tiket masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) telah kita ketahui bersama telah naik.

Bahkan, kenaikan tersebut hampir mencapai 20% untuk wisatawan nusantara dan lebih dari 50 persen untuk wisatawan mancanegara. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan jika wisata gunung Bromo tetap menjadi destinasi wisata terfavorit di Jawa Timur selain Wisata Malang dan Kawah Ijen. Dan perlu diketahui juga bahwa sekarang telah dibuka B29 Lumajang sebagai bagian dari kawasan wisata gunung Bromo.

Kepala Balai Besar TNBTS Ayu Dewi Utari menyatakan, kenaikan tarif tiket masuk kawasan gunung Bromo itu terjadi menyusul rampungnya revisi Peraturan Pemerintah (PP) No 59 Tahun 1998 tentang Tarif Jasa Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak. PP tersebut berlaku pada Departemen Kehutanan dan Perkebunan. ''Rencana hasil revisi PP itu akan diberlakukan mulai Mei," ujarnya.

Jika selama ini tarif tiket masuk kawasan gunung Bromo (TNBTS) untuk wisatawan domestik Rp 10 ribu per orang, pada bulan Mei naik menjadi Rp 27.500 per orang. Perinciannya, Rp 25 ribu untuk karcis dan Rp 2.500 untuk asuransi. Tarif tiket masuk gunung Bromo untuk wisatawan mancanegara naik menjadi Rp 217 ribu dari tarif sebelumnya Rp 57 ribu. Angka itu sudah termasuk asuransi. ''Itu untuk hari kerja. Kalau hari libur, beda lagi,'' terangnya.

Harga Tiket Masuk Wisata Bromo Terbaru (updated) - bromotravelguide
Ketika hari libur, tarif masuk Bromo naik 150 persen dari tarif hari kerja. Dengan demikian, tarif tiket masuk Bromo untuk wisatawan nusantara menjadi Rp 32.500 per orang, sedangkan wisatawan mancanegara dikenai tarif masuk Rp 317.500 per orang ( termasuk asuransi ).

Ketika disinggung mengenai tingginya kenaikan tarif tersebut, Ayu menduga, sejak PP itu disahkan 16 tahun lalu, belum ada kenaikan tarif. Keputusan tersebut diprediksi berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan dan juga harga sewa jeep / hardtop di TNBTS. “Kemungkinan seperti itu (berdampak, Red),” ujarnya. Karena itu, jauh sebelum tarif baru tersebut diberlakukan, pihaknya intens mengumumkan kebijakan itu kepada masyarakat.

Sebenarnya PP itu sudah ditandatangani presiden. Tapi, sejauh ini, peraturan tersebut belum diundangkan. Karena itu, meski pihaknya telah menerima revisi peraturan tersebut, kenaikan tarif belum diberlakukan lantaran masih menunggu revisi itu diundangkan. Rencananya, proses tersebut dilakukan pada Mei 2014.

Penjelasan Ayu tentang tiket masuk Bromo yang belum pernah naik sejak 16 tahun lalu itu patut dipertanyakan. Sebab, pada pertengahan tahun lalu, tarif masuk Bromo juga naik. Kebijakan yang dikeluhkan wisawatan maupun penyedia layanan jasa di gunung yang terkenal dengan wisata bromo sunrise dan juga pemandangan wisata bromo midnight-nya tersebut saat itu dibelakukan per 1 Juni. Kala itu tiket masuk untuk wisatawan mancanegara naik dari Rp 25.000 menjadi Rp 72. 500. Persentase kenaikan juga berlaku bagi turis lokal, yakni dari Rp 5 ribu menjadi Rp 10 ribu per orang.

Demikian informasi dan ulasan tentang Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo Terbaru semoga bermanfaat. Silakan berlangganan (subscribe) blog ini untuk mendapatkan informasi terbaru tentang wisata gunung Bromo. Untuk harga dan pemesanan paket wisata bromo murah silakan menghubungi kontak kami.

Harga Tiket Masuk Wisata Bromo Terbaru (updated)

Incoming Search :

Thanks for reading & sharing Bromo Tour Guide

Previous
« Prev Post