HUBUNGI KAMI


Bromo Travel Guide

Office : 0335-4513883
Phone/Whatsapp : 085233330011
Pin BB : 599E16ED

Bromo Travel Guide Email


Kantor Pemasaran

Jl. Brantas 370 Kademangan Probolinggo 67225 Jawa Timur Indonesia
Home » » Pantai Kedung Tumpang Tulungagung, Wisata Kolam Alami yang Eksotis

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung, Wisata Kolam Alami yang Eksotis

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung merupakan sebuah tempat wisata baru terletak di Desa Pucanglaban, kecamatan Pucanglaban Tulungagung, Jawa Timur. Pantai ini merupakan salah satu pantai tercantik di Tulungagung. Dan merupakan sebuah tempat wisata yang baru saja dibuka oleh pemerintah setempat pada musim libur lebaran 2015.

Jika sebelumnya hanya dikunjungi oleh warga sekitar yang hanya sekedar memancing dan mencari udang, namun semenjak dibuka untuk umum dan juga banyaknya pengunjung yang menguploadkan tempat ini melalui situs jejaring sosial, maka dengan cepat tempat tersebut naik daun dan masuk ke daftar tempat wisata baru yang harus dikunjungi di kawasan pantai selatan Jawa Timur.

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung
Masyarakat sekitar mengenal salah satu pantai Tulungagung ini dengan nama Pantai Kedung Tumpang yang berasal dari adanya kolam-kolam kecil hasil erosi dari air laut yang menghasilkan genangan air yang tak beraturan, sehingga masyarakat menyebutnya sebagai kedung (bagian sungai nan dalam) dan tumpang berasal dari tempat dari kolam-kolam terlihat bersusun (numpang)

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung ini diapit oleh 2 pantai yaitu pantai Molang dan pantai Lumbung yang berada disisi kanan dan kirinya, jadi jika ingin ke tempat ini anda bisa melalui jalur ke Pantai Molang Tulungagung dengan google maps atau GPS smartphone. Kemudian jika sudah sampai pertigaan sebelum pantai Molang dari arah kota Tulungagung, silakan bertanya saja kepada warga sekitar, karena memang jalur ketempat ini masih belum dibangun dan belum ada tanda atau rambu sebagai petunjuk untuk sampai ke pantai.

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Gallery
Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Walaupun salah satu pantai selatan Jawa Timur ini masih dikatakan wisata baru namun setiap akhir pekan selalu ramai dengan pengunjung bahkan bisa sampai 1.000 orang. Bukan hanya penduduk lokal dan domestik saja, namun beberapa waktu lalu juga terdapat beberapa turis dari mancanegara yaitu dari Ceko dan Korea Selatan juga sempat datang ke tempat ini.

Untuk sampai ke pantai kita tidak bisa menggunakan kendaraan roda 4 karena medan terjal, kecuali jika kita menggunakan kendaraan jenis off road. Kita harus memarkir kendaraan di dekat rumah penduduk kemudian menyusuri jalan menuju pantai dengan jalan kaki.

Jika kita pergi ke pantai Kedung Tumpang yang perlu diperhatikan adalah anda harus memakai alas kaki berupa sandal jepit atau sepatu olahraga, dikarenakan sulitnya medan yang tidak rata. Jangan sampai anda memakai sepatu high heel. ^_^ . Disamping itu medan yang akan kita tempuh memang cukup curam dengan trek yang bervariasi, bahkan ada yang sampai 45 derajat. Sedangkan untuk kembali ke tempat semula ada alternatif lain, tetapi dengan jarak tempuh yang lebih jauh, namun dengan trek yang landai.

Tidak seperti pantai-pantai kebanyakan yang mempunyai pasir, tidak juga halnya dengan pantai Kedung Tumpang. Karena sejatinya pantai ini merupakan gugusan tebing karang yang membentang luas. Namun bukan berarti pantai tersebut tidak bisa dinikmati, salah satu keunikan pantai Kedung Tumpang adalah dengan adanya kolam-kolam kecil yang terbentuk akibat dari erosi ombak laut yang melubangi karang. Jadi kolam-kolam tersebut adalah murni dibuat oleh peristiwa alam ditambah lagi air dalam kolam tersebut sangat jernih, sehingga menggoda siapapun untuk berenang kedalamnya.

Namun perlu diperhatikan ada saat dimana kolam tersebut bisa dipakai untuk berenang dengan memperhatikan kondisi laut. Dan waktu yang tepat untuk berenang adalah pada saat air surut, karena jika air laut sedang pasang tidak menutup kemungkinan ombak yang datang besar bahkan bisa mencapai lebih dari 5 meter. Ombak tersebut akan menghantam keras tebing karang lalu airnya akan tumpah ke dalam kolam dan anda pun bisa terseret karenanya. Namun, pada saat air laut surut kolam-kolam akan terlihat tenang sehingga bisa dipakai untuk berenang.

Rute ke pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Untuk jalan menuju ke pantai Kedung Tumpang kita bisa menggunakan akses alternatif yaitu dari arah kota Tulungagung dengan ikuti petunjuk ke Blitar. Dimana kita akan melewati tempat yang bernama Bukit Luk Songo (bukit kelok sembilan). Lepas dari bukit luk songo ikuti jalan hingga pasar Puser. Setelah Pasar Puser ketemu pertigaan ambil lurus mengikuti petunjuk ke pantai Molang.

Dari sini tinggal mengikuti jalan utama hingga masuk desa Pucanglaban dan di ujung desa Pucanglaban terdapat pertigaan Pos Portal. Di pertigaan ini sudah dipasang papan petunjuk ke Pantai Kedung Tumpang yaitu belok kanan dimana kondisi jalan sudah berubah menjadi jalan berbatu. Dari situ silakan bertanya kepada warga sekitar.

Demikian sedikit informasi tentang pantai kedung tumpang Tulungagung, semoga bisa memberi anda referensi untuk mengunjungi wisata Jawa Timur. untuk harga dan pemesanan paket wisata bromo silakan menghubungi kontak kami.

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Thanks for reading & sharing Bromo Tour Guide

Previous
« Prev Post