HUBUNGI KAMI


Bromo Travel Guide

Office : 0335-4513883
Phone/Whatsapp : 085233330011
Pin BB : 599E16ED

Bromo Travel Guide Email


Kantor Pemasaran

Jl. Brantas 370 Kademangan Probolinggo 67225 Jawa Timur Indonesia
Home » » Keeksotikan Gunung Bromo

Keeksotikan Gunung Bromo

Keeksotikan Gunung Bromo

Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu ikon wisata di Jawa Timur yang sangat termasyhur bagi wisatawan domestik dan asing. Situs wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung yang ingin menikmati keeksotikan panorama alamnya.

Rugi rasanya jika sudah berada di Malang, Pasuruan, Probolinggo atau Lumajang, tetapi tidak sampai mengunjungi tempat ini. Ya memang Gunung Bromo terletak diantara keempat kabupaten tersebut dan masuk dalam Taman Nasonal Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Gunung yang ketinggiannya mencapai 2392 mdpl ini, bisa ditempuh melalui jalur berbeda yang berada di empat kabupaten tersebut. Beberapa waktu lalu untuk memenuhi rasa penasaran, saya mencoba melalui salah satu jalur ke gunung Bromo tersebut, walaupun sebenarnya tujuan saya bukan ke Gunung Bromo, tetapi ke Pasuruan. Perjalanan saya awali dari kota Malang menggunakan sepeda motor, melalui Tumpang- Gubuk Klakah-Ngadas-Jemplang-Bromo yang mencapai sekitar 56 km. Jika dilihat dari jarak sebenarnya tidak terlalu jauh, dalam perkiraan saya paling lama sekitar 1,5 jam sudah sampai.

Keeksotikan Gunung Bromo

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Ternyata diluar dugaan, mulai memasuki TNBTS jalannya tidak semulus sebelumnya yang berupa aspal, disini jalan dibuat dari material beton yang tidak rata dan beberapa bagian sudah mengalami kerusakan, bahkan dibeberapa tempat sudah berupa tanah. Terlebih dibeberapa lokasi juga terdapat bekas longsoran tanah dan penyempitan jalan. Memasuki areal ini sepeda motor dipacu tidak lebih dari 20 km/jam, selain jalan yang tidak nyaman dan menanjak, kebetulan tunggangan yang dipake merupakan motor matik jadi sedikit maksa. Alangkah baiknya jika ingin melalui jalur ini gunakan motor yang garang atau penggaruk lumpur sekalian (special engine), dijamin lebih lancar.

Di jalur ini walaupun cukup berat, ternyata memiliki panorama yang luar biasa yang bisa mensugesti kepenatan menjadi hilang. Sekitar 2 km sebelum pintu masuk TNBTS terdapat air terjun Coban Pelangi. Tempat ini sekitar 1 km dari tempat penitipan sepeda motor dipinggir jalan, biasanya ramai dikunjungi tertuma di hari-hari libur.

Sekitar 2 km setelah pintu masuk TNBTS juga terdapat air terjun lagi yaitu Coban Trisula, tempat ini juga patut anda singgahi.

Keeksotikan Gunung Bromo

Setelah melalui rute diatas, saya baru sampai di Bromo setelah sekitar 3 jam perjalanan. Memasuki kawasan Bromo diawali dengan jalan menukik dan sempit mulai dari Jemplang (pertigaan ke Bromo dan ke Ranu Pani/Semeru), selanjutnya kita disambut padang savana dan gurun pasir yang luas.

Bukit Teletubis Bromo

Nampak juga bukit-bukit Teletubis yang begitu eksentrik, sayangnya nampak gersang dan kering, mungkin karena musim kemarau atau dampak letusan beberapa bulan sebelumnya. Setelah melewati karpet savana, giliran hamparan padang pasir yang lembut menyambut roda-roda mungil motor yang membuatnya terseok-seok.

Keeksotikan Gunung Bromo

Keeksotikan Gunung Bromo

Tidak hanya sulit dilewati, padang pasir ini bisa tiba-tiba menjadi gelap disebabkan angin yang menerbangkan debu-debu pasir menjadi kabut dan menghalangi pandangan tidak lebih dari dua meter.

Cemoro Lawang

Setelah melewati padang pasir yang luas, selanjutnya memasuki Cemoro Lawang, disini kita bisa melihat view G. Bromo dan lautan pasir yang sangat menarik, karena sedang berkabut jadi tidak begitu nampak keindahannya.

Keeksotikan Gunung Bromo

Sebenarnya awal tujuan saya ke Pasuruan Melalui Tosari dan mampir ke Penanjakan yang merupakan lokasi favorite untuk melihat keindahan alam Bromo, tetapi karena salah jalur ternyata saya ke Pasuruan melalui Cemoro Lawang-Ngadi Sari-Sukapura-Tongas(Probolinggo)-Pasuruan. Ini dikarenakan salah bertanya salah jalan walaupun sampai tujuan.
Berikut beberapa jalur ke Bromo yang bisa menjadi pilihan:
1) Malang-Tumpang-Gubuk Klakah-Jemplang-Bromo atau dari Jemplang-Ranu Pane-Semeru
2) Malang-Purwodadi-Nongko Jajar-Tosari-Wonokitri-Penanjakan-Bromo
3) Malang-Pakis-Jabung-Nongko Jajar-Tosari-Wonokitri-Penabjakan-Bromo
4) Pasuruan-Warung Dowo-Tosari-Wonokitri-Penanjakan-Bromo
5) Probolinggo-Tongas-Lumbang-Sukapura-Ngadisari-Cemoro Lawang-Bromo-Penanjakan
6) Lumajang-Senduro-Ranu pani-Jemplang-Bromo-Penanjakan.

Keeksotikan Gunung Bromo

Untuk info mengenai Paket Tour Wisata Bromo yang kurang jelas bisa hubungi kami


Keeksotikan Gunung Bromo

Thanks for reading & sharing Bromo Tour Guide

Previous
« Prev Post