HUBUNGI KAMI


Bromo Travel Guide

Office : 0335-4513883
Phone/Whatsapp : 085233330011
Pin BB : 599E16ED

Bromo Travel Guide Email


Kantor Pemasaran

Jl. Brantas 370 Kademangan Probolinggo 67225 Jawa Timur Indonesia
Home » , » Paket Wisata Bromo Kasada

Paket Wisata Bromo Kasada

Paket Wisata Bromo Kasada

Paket Wisata Bromo Yadnya Kasada | Paket wisata bromo kasada adalah paket wisata bromo untuk melihat upacara kasada di bromo. Paket ini kami jadwalkan selama 2 hari 1 malam karena memang upacara yang digelar memakan waktu 2 hari.

Tak henti-hentinya gunung Bromo menyedot pesona bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Selain panorama sunrisenya yang sangat indah, gunung ini juga menyimpan sebuah aroma mistis yang tertanam di dalam setiap penduduk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Yadnya Kasada begitu orang sekitar menyebutnya.
Dalam wikipedia dikatakan, "Hari Raya Yadya Kasada adalah sebuah hari upacara sesembahan berupa persembahan sesajen kepada Sang Hyang Widhi".
Seperti yang diungkapkan di atas, upacara Yadnya Kasada sendiri adalah sebuah upacara yang dilakukan masyarakat suku Tengger untuk memberikan sebuah sesembahan yang bertujuan sebagai kemakmuran masyarakat sekitar, suku Tengger pada khususnya.

Pada dasarnya upacara ini bertujuan untuk memperingati kisah Joko Seger dan Roro Anteng yang diminta untuk mengorbankan putra-putranya kepada Sang Hyang Widhi dengan cara diceburkan ke dalam kawah gunung Bromo ketika Roro Anteng melahirkan.

Upacara ini dilakukan pada malam ke-14 dan dilakukan hanya sekali dalam satu tahun pada bulan Kasada dalam penanggalan Hindu, seperti halnya orang Islam yang merayakan Idul Fitri, orang Kristen yang merayakan Natal, dan lain sebagainya.

Kisah Joko Seger dan Roro Anteng

paket wisata bromo kasada
Diawali ketika Joko Seger dan Roro Anteng (lihat postingan legenda gunung Bromo) menginginkan seorang putra dan mereka memintanya kepada Sang Hyang Widhi, yang akhirnya dikabulkan dengan syarat sang putra harus dikorbankan. Dan kemudian mereka dianugerahi 25 orang anak.

Awalnya kedua suami istri ini menyanggupi tetapi ketika melahirkan anak yang terakhir mereka mulai ingkar jani dikarenakan naluri sebagai orang tua yang tidak tega melihat anak-anaknya dikorbankan.

Ketika anak bungsunya yang bernama Kusuma dimasukan ke kawah Bromo, bersamaan hilangnya sang Anak terdengarlah suara gaib, "Saudara-saudaraku yang kucintai, aku telah dikorbankan oleh orangtua kita dan Sang Hyang Widhi menyelamatkan kalian semua. Hiduplah damai dan tenteram, sembahlah Sang Hyang Widhi. Aku ingatkan agar kalian setiap bulan Kasada pada hari ke-14 mengadakan sesaji kepada Sang Hyang Widhi di kawah Gunung Bromo". Kemudian kebiasaan ini diikuti secara turun temurun oleh masyarakat Tengger dan setiap tahun diadakan upacara Yadnya Kasada di Poten lautan pasir dan kawah Gunung Bromo.

Makna sesaji itu sendiri berbeda-beda. Makna buang hasil bumi ke kawah Bromo bertujuan agar hasil pertanian, yang menjadi tumpuan hidup Suku Tengger terus berlimpah, sementara membuang kepala kerbau bertujuan agar kawasan gunung bromo tetap aman dari marabahaya.

Jadwal Upacara Yadnya Kasada 2014

paket wisata bromo kasada

Upacara Yadnya Kasada akan diselenggarakan di Pura Luhur Poten (nama sebuah pura di tengah lautan pasir gunung Bromo) yang untuk tahun 2014 ini akan diadakan pada tanggal 11-12 Agustus 2014.

Namun perlu diketahui bahwa malam sebelum upacara, biasanya diselenggarakan acara pentas atau malam peringatan yang diadakan di Pura Agung, yang kemudian pada tengah malam pada jam 00.00 WIB ketika bulan purnama penuh baru diadakan upacara di Pura Luhur Poten dan diteruskan dengan persembahan sesaji ke kawah gunung Bromo.

Paket Wisata Bromo Yadnya Kasada

Bromo Travel Guide menawarkan jasa perjalanan untuk menyaksikan secara langsung upacara Yadnya Kasada di gunung Bromo bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dalam paket ini kami menyediakan beberapa fasilitas antara lain hotel di Bromo di bromo, homestay di bromo / penginapan, dan juga jeep di bromo sebagai transportasi menuju kawasan wisata gunung Bromo.

Demikian postingan Paket Wisata Bromo Yadnya Kasada 2015 semoga bermanfaat. Untuk info dan harga paket wisata bromo silakan hubungi contact page kami.


Paket Wisata Bromo Kasada


Thanks for reading & sharing Bromo Tour Guide

Previous
« Prev Post