HUBUNGI KAMI


Bromo Travel Guide

Office : 0335-4513883
Phone/Whatsapp : 085233330011
Pin BB : 599E16ED

Bromo Travel Guide Email


Kantor Pemasaran

Jl. Brantas 370 Kademangan Probolinggo 67225 Jawa Timur Indonesia
Home » , » Objek Wisata Kawah Ijen dan Blue Fire

Objek Wisata Kawah Ijen dan Blue Fire

Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan danau kawah (kaldera) terbesar di dunia. Kalderanya bersifat asam berada di puncak Gunung Ijen (2368 mdpl) dengan kedalaman sekitar 200 m, berdinding kaldera setinggi 300-500m, serta luas kawah nan besar mencapai 5466 Hektar.

Danau ini berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur dan pernah meletus beberapa kali antara lain pada tahun 1796, 1817, 1913 serta 1936

Gunung Ijen sendiri merupakan satu kumpulan gunung berapi yang terdiri dari pegunungan kawah Ijen beserta dataran tingginya, terletak di tiga wilayah administrasi yaitu kabupaten yaitu Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi.

Objek Wisata Kawah Ijen

Objek Wisata Kawah Ijen dan Blue Fire
Kawah ijen ini mempunyai warna hijau kebiruan dengan kabut tebal juga asap belerang yang sangat cantik. Udara dingin di lokasi wisata yang terkenal dengan Blue Fire ini bisa mencapai suhu 13 0C, bahkan dapat mencapai suhu 0 0C pada waktu malam. Anda juga dapat menemukan berbagai tanaman gunung didaerah ini, seperti Edelweis dan Cemara Gunung.

Di waktu pagi, Danau yang berwarna hijau kebiruan dengan dipadu dengan cahaya matahari berwarna keemasan memantul dari kawah akan menambah indahnya alam ciptaan-Nya, sementara dibaliknya terlihat pesona Gunung Merapi yang terkenal dengan puncak Mahamerunya.

Di kawasan objek wisata kawah ijen (ijen crater) terdapat sebuah pertambangan belerang. Para wisatawan bisa menyaksikan para penambang yang membawa tumpukan belerang menyusuri jalanan curam dan dipenuhi oleh gas beracun, paling asyik disini adalah para wisatawan juga bisa berfoto bersama para penambang.

Yang paling menarik adalah bahwa kawah ini bisa memproduksi mencapai 36 juta m3 belerang serta hidrogen klorida. Danau ini memiliki derajat keasaman 0 yang sangat kuat serta dapat melarutkan pakaian dan jari manusia. Woww!!! ^_^

Blue Fire Wisata Kawah Ijen

Salah satu keunikan dari lokasi wisata ini adalah dengan adanya Blue fire, sebuah fenomena alam yang hanya dapat dilihat di Kawah Ijen saja. Keunikan Blue fire sendiri mengalahkan popularitas sunrise di Banyuwangi atau yang biasa disebut sebagai sunrise / matahari terbit pertama di Jawa. Sehingga tidak mengherankan jika banyak wisatawan dari berbagai negara rela datang jauh-jauh hanya sekedar untuk melihat penampakan si "Api Biru" atau "Blue Fire" di salah satu lokasi wisata Jawa Timur ini.

Blue fire sendiri hanya dapat dilihat pada tengah malam yaitu antara pukul 01.00 WIB sampai dengan pukul 02.00 WIB, bebeberapa jam sebelum matahari terbit, jadi anda bisa melihat dua momen sekaligus pada waku yang berurutan. Asyik bukan?!

Rute menuju wisata Kawah Ijen

Bagi para backpacker yang suka dengan wisata adventure, untuk mencapai lokasi wisata ini dapat ditempuh dari dua arah yaitu, dari utara dan selatan. Dari utara, bisa di tempuh melalui Situbondo menuju Ds. Sempol, Kabupaten Bondowoso melewati Wonosari kemudian dilanjutkan ke Paltuding. Jarak Situbondo ke Paltuding + 93 Km dan dapat ditempuh sekitar + 2,5 jam tergantung kondisi perjalanan anda.

Kemudian dari arah selatan, anda bisa dari Banyuwangi menuju Kecamatan Licin berjarak sekitar + 15 Km lalu dilanjutkan menuju Paltuding dengan jarak + 18 Km, diteruskan menggunakan Jeep atau mobil berat lainnya sekitar 6 Km sebelum ke Paltuding. Ini dikarenakan jalan yang berkelok serta menanjak.

Demikian postingan Objek Wisata Kawah Ijen semoga bisa menjadi referensi wisata Jawa Timur bagi anda. Anda juga bisa memesan paket wisata Bromo Kawah Ijen (info lengkap silakan klik tautan). Untuk harga dan pemesanan paket wisata bromo murah silakan hubungi kontak kami.

Objek Wisata Kawah Ijen

Thanks for reading & sharing Bromo Tour Guide

Previous
« Prev Post