HUBUNGI KAMI


Bromo Travel Guide

Office : 0335-4513883
Phone/Whatsapp : 085233330011
Pin BB : 599E16ED

Bromo Travel Guide Email


Kantor Pemasaran

Jl. Brantas 370 Kademangan Probolinggo 67225 Jawa Timur Indonesia
Home » , » Pantai Pulau Merah Banyuwangi, ikon baru tempat wisata di Jawa Timur

Pantai Pulau Merah Banyuwangi, ikon baru tempat wisata di Jawa Timur

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pulau Merah Banyuwangi atau biasa disebut juga Pulo Merah merupakan sebuah pantai dan objek wisata Banyuwangi yang terletak di Kecamatan Pesanggaran. Tempat wisata ini memang baru-baru ini dipromosikan dan digadang-gadang oleh pemerintah daerah setempat selain kawah Ijen untuk menjadi salah satu ikon wisata di Jawa Timur, Banyuwangi khususnya.

Pantai yang dulunya bernama Pantai Ringin Pitu ini dikenal karena sebuah bukit hijau kecil dengan pantai sepanjang 200 meter serta tanah yang berwarna kemerahan terletak di dekat bibir pantai. Bukit hijau ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Disana juga terdapat Pura yaitu pura "Tawang Alun" dimana warga beragama Hindu disana melaksanakan upacara Mekiyis.

Pura umat Hindu ini telah lama berdiri sejak 1980, juga sering dikunjungi umat Hindu dari Gunung Bromo dan Bali. Saat tsunami terjadi tahun 1994, pura ini juga terkena dampaknya sehingga tembok luar pura hancur namun bagian dalam pura (pelinggih padmasana) tidak mengalami kerusakan berarti.

Ada cerita lain yang mengatakan tentang penamaan pulau tersebut bahwa Pulau Merah dahulu pernah terpancar cahaya merah sehingga warga sekitar menamainya Pulau Merah.

pantai pulau merah banyuwangi
Pantai ini hampir mirip pantai Kuta di Bali atau pantai Papuma di Jember serta sangat cocok untuk para peselancar yang ingin mencoba keahliannya dalam ber-surfing. Dengan ombak setinggi 2 sampai 3 meter para peselancar bisa melakukan manuver teknik tubes.

Waktu yang tepat bagi para peselancar untuk berkunjung ke pantai ini adalah pada bulan Mei hingga Desember. Karena pada saat tersebut cuaca dan ombak sudah terbilang ideal untuk berselancar. Tetapi meskipun tidak bisa berselancar anda juga bisa datang kesini untuk menyaksikan para peselancar bermanuver dan juga menikmati keindahan alam wisata Pantai Pulau Merah.

Sedangkan pada bulan Januari hingga April kondisi ombak belum begitu ideal untuk kegiatan berselancar namun anda masih bisa menikmati keindahan pantai yang pernah menjadi tempat digelarnya pelepasan 1.000 anak penyu oleh Bupati Banyuwangi.

Berbagai event selancar Internasional juga sering diselenggarakan dipantai ini, seperti Banyuwangi International Surf Competition 2013 dan diikuti oleh 15 negara. Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, juga mengatakan kompetisi selancar internasional merupakan salah satu agenda besar yang dirancang daerahnya untuk menggabungkan kegiatan olahraga dan pariwisata.

Pemilihan Pantai Pulau Merah sebagai destinasi baru untuk tujuan wisata di Banyuwangi, karena potensi ombak dan dukungan alamnya yang masih asli dan sangat bagus. Besar harapan Bupati Banyuwangi akan kelangsungan salah satu wisata pantai di Banyuwangi ini untuk tetap berdiri sejajar dengan ikon wisata di Jawa Timur lainnya.

Akses ke pantai pulau merah Banyuwangi

Pantai Pulau Merah merupakan bagian dari wisata Jawa Timur yang berupa pantai dan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat atau sepeda motor. Dari Kota Banyuwangi anda bisa menuju arah selatan dengan lama waktu perjalanan sekitar 3 jam atau sekitar 60 km.

Dapat juga anda mengaksesnya melalui kota Jember dengan jarak 100 km. Dengan melalui jalan nasional Jember – Banyuwangi. Setelah tepat di kecamatan Genteng Banyuwangi, berbelok arah ke selatan dengan jalanan aspal. Sekitar 15 km dari Genteng, akan memasuki wilayah kecamatan Gambiran. Dari sini, pengunjung kemudian memilih jalan ke arah pantai selatan menuju kecamatan Pesanggaran, dengan dipandu rambu-rambu yang sangat jelas menuju pulau Merah.

Akses jalan ke tempat ini terbilang mulus semenjak pemerintahan bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang begitu memberikan perhatian penuh pada wisata pantai ini, sehingga menjadikannya tujuan utama para wisatawan dan warga Banyuwangi.

Anda bisa memanfaatkan jasa kendaraan sewaan dari Bandara Belimbingsari untuk memudahkan perjalanan Anda karena memang tidak banyak kendaraan umum ke arah pantai.

Demikian informasi tentang wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi, semoga bermanfaat bagi anda. Untuk harga dan juga pemesanan paket wisata bromo murah silakan hubungi kontak kami.

Pantai pulau Merah Banyuwangi

Thanks for reading & sharing Bromo Tour Guide

Previous
« Prev Post