HUBUNGI KAMI


Bromo Travel Guide

Office : 0335-4513883
Phone/Whatsapp : 085233330011
Pin BB : 599E16ED

Bromo Travel Guide Email


Kantor Pemasaran

Jl. Brantas 370 Kademangan Probolinggo 67225 Jawa Timur Indonesia
Home » » Pergelaran Banyuwangi Beach Jazz Festival 2014

Pergelaran Banyuwangi Beach Jazz Festival 2014

Banyuwangi Beach Jazz Festival

Selain Jazz Gunung Bromo dan Jazz Ijen Banyuwangi, ada satu lagi even Jazz yang sangat menarik perhatian masyarakat luas dan para wisatawan khususnya yaitu event Banyuwangi Beach Jazz Festival atau biasa disebut Jazz Pantai Banyuwangi. Event ini diselenggarakan pada hari Sabtu 6 Desember 2014 kemarin di Pantai Boom Banyuwangi.

Event ini merupakan perwujudan muka baru dari kebudayaan Banyuwangi yang diusung dalam satu pagelaran musik dan lagu dengan bertemakan musik jazz. Dengan berslogankan "Gulung Ombak, Jazz Bersemarak" event yang digelar kali kedua setelah perhelatan tahun kemarin di tempat yang sama ini berhasil mempesona para penonton dan penikmat jazz khususnya.

Penyelenggaran event Banyuwangi Beach Jazz Festival bisa dibilang sangat profesional, dibuktikan dengan penggarapan musiknya yang diakui juga oleh sang kepala artistik Jazz Pantai Banyuwangi, Djaduk Ferianto adalah hasil dari eksplorasi yang kuat terhadap musik-musik pesisir khas Bumi Blambangan atau Banyuwangi. Dan itu semakin membuktikan bahwa jazz semakin membaur dengan kesenian daerah.

Konsep pagelaran jazz pantai Banyuwangi ini pun berbeda dengan pagelaran jazz di tempat lain. Dengan menghadirkan suasana laut, menikmati musik jazz sambil merasakan semilir angin laut. Begitu juga dengan alat musik perkusi yaitu gendang, rebana ataupun alat musik lain, merupakan musik khas Banyuwangi. Pemilihan konsep tersebut bukan hanya asal, sebab penyelenggara menginginkan bahwa pagelaran tersebut mempunyai ciri khas, agar tidak terkesan hanya memindahkan pagelaran jazz dari tempat satu ke tempat lain.

Penyelenggaraan event di Kabupaten yang dipimpin oleh bupati Abdullah Azwar Anas ini merupakan salah satu misi kabupaten Banyuwangi dalam rangka mempromosikan kabupaten Banyuwangi sebagai destinasi wisata Jawa Timur, disamping juga untuk memajukan perekonomian dan kepedulian terhadap sesama. Karena sebagian hasil penjualan tiket direncanakan akan disumbangkan untuk beasiswa anak-anak yatim piatu di Banyuwangi.

Pada pergelaran tersebut bupati Banyuwangi juga memberikan kesempatan dan memberikan tempat bagi para Usaha Kecil Menengah (UKM) berprestasi untuk memamerkan komoditas unggulannya ditempat yang sama.

Penyelenggaraan Festival Jazz Pantai Banyuwangi 2014

banyuwangi beach jazz festival

Acara yang digelar tahunan ini dimeriahkan oleh beberapa musisi papan atas Indonesia diantaranya Tohpati, Kahitna, Trie Utami, KUA Etnika dan lain lain. Acara juga semakin meriah ketika duo MC dari Surabaya yaitu Cak Lontong dan Insan Nur Akbar mengeluarkan kelakar-kelakarnya.

Pada event ini sebagai acara pembuka Kua Etnika yang dimotori oleh putra dari seniman legendaris Bagong Kussudiardjo, Djaduk Ferianto berkolaborasi dengan puluhan seniman perkusi seni kuntulan khas Banyuwangi. Dengan gaya khas kuntulan dipadu dengan musik modern, perform penampilan tersebut mengundang tepuk tangan meriah dari penonton.

Kua Etnika dengan vokalis Trie Utami bersama para seniman kuntulan berkolaborasi dengan membawakan lima lagu dengan irama nge-"beat". Diantaranya adalah Kupu Tarung yang merupakan ciptaan Djaduk dan sering dibawakan ketika pentas diluar negeri.

Penampilan lain juga mengundang decak kagum penonton diantaranya perform dari Tohpati & Friends. Yang lain dari pada lain, kali ini Tohpati juga menampilkan lagu Mahabarata dengan iringan musik agresif pada penampilan penutupnya.

Kahitna menjadi pemuncak acara bersama dengan Yovie Widianto. Penonton memberikan sambutan nan meriah dengan hadirnya grup musik yang telah melanglang didunia permusikan Indonesia yang khas dengan musik-musik romantis tersebut. Dan sebagai penutup mereka menyanyikan lagu "Cantik" yang diakhiri dengan sorak sorai penonton sambil berdiri dari tempat duduknya dan bernyanyi bersama.

Demikian informasi Banyuwangi Beach Jazz Festival 2014 semoga bermanfaat. Untuk harga dan pemesanan paket wisata bromo murah silakan menghubungi kontak person kami.

Banyuwangi Beach Jazz Festival

Thanks for reading & sharing Bromo Tour Guide

Previous
« Prev Post