HUBUNGI KAMI


Bromo Travel Guide

Office : 0335-4513883
Phone/Whatsapp : 085233330011
Pin BB : 599E16ED

Bromo Travel Guide Email


Kantor Pemasaran

Jl. Brantas 370 Kademangan Probolinggo 67225 Jawa Timur Indonesia
Home » » Inilah Tempat Wisata Kawah di Jawa Timur Yang Menakjubkan

Inilah Tempat Wisata Kawah di Jawa Timur Yang Menakjubkan

Tempat Wisata Kawah di Jawa Timur

Tempat Wisata di Jawa Timur. Sebelumnya saya telah mempostingkan Wisata Bromo Milky Way yang merupakan perpaduan dari paket wisata Bromo midnight dan paket wisata Bromo sunrise dengan akomodasi berupa jeep Bromo untuk bisa mengeksplorasinya. Dan untuk kali ini kami akan memberikan sedikit informasi tentang tempat wisata kawah di Jawa Timur.

Jawa Timur merupakan gudang dari sejuta tempat wisata yang bertebaran diseluruh pelosok nusantara. Diantaranya wisata buatan, wisata alam, wisata pantai, wisata gunung dan jika terdapat gunung maka disitu pula ada kawah, walaupun tidak semua gunung mempunyai kawah.

Gunung-gunung di Indonesia terutama kebanyakan memiliki kawah, mengingat kepulauan Indonesia terdiri dari jajaran gunung berapi di dunia. Maka tidak heran jika banyak wisata kawah yang terdapat di Jawa Timur.

Tempat Wisata Kawah di Jawa Timur

Berikut kami informasikan tentang kawah-kawah yang menarik dan eksotis di Jawa Timur serta dapat anda jelajahi, walaupun karena rasa penasaran atau karena ingin menaklukkannya.

Kawah Kelud Kediri


tempat wisata di jawa timur
Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi di Jawa Timur. Ketenaran gunung ini dikarenakan letusannya yang sempat membuat pemerintah Indonesia kelimpungan, dampak yang terjadi antara lain beberapa bandara yang terpaksa harus meng-cancel jadwal penerbangan-nya. Yang mengakibatkan perusahaan penerbangan dan negara mengalami kerugian.

Namun dibalik itu semua ada hikmahnya, kebesaran Yang Maha Kuasa telah memberikan anugerahnya yang tak terhingga bagi masyarakat disekitar gunung atau kawah Kelud, dengan kesuburan tanahnya dan keindahan alam dan fenomena-fenomena alam yang terjadi pasca gunung Kelud meletus. Dan salah satunya adalah kawah Kelud.

Tempat yang menjadi favorit di kawasan kawah Kelud ini adalah kolam air panas, walaupun di kawasan gunung Kelud sendiri terdapat beberapa lokasi yang bisa anda kunjungi, yakni Anak Gunung Kelud dan Gardu pandang.

Pemerintah kabupaten Kediri sangat berantusias dalam pengembangan salah satu tempat wisata di Jawa Timur ini, diantaranya dengan membangun sarana dan prasarana termasuk jalur transportasi yang semakin lama semakin bagus dan fasilitas yang memadai.

Salah satu fasilitas dalam pengembangan gunung Kelud yaitu dengan dibuatnya gerbang menuju gunung Kelud dimana juga terdapat rest area, tempat parkir, gedung theatre dan mobil wisata. Mobil wisata sendiri disediakan bagi para wisatawan yang kurang mahir / yakin dengan medan dan kendaraannya dalam menjelajahi kawasan Kelud. Karena disamping jalan yang berkelok-kelok juga disebabkan turunan yang terjal dimana dikanan kiri terdapat jurang.

Kawah Bromo Probolinggo

tempat wisata di jawa timur
Kawah Bromo merupakan salah satu kawah yang mengundang begitu banyak wisatawan. Kawah ini berada dalam kawasan wisata gunung Bromo dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Kawah yang merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur ini memiliki wisata bromo sunrise yang sangat mempesona. Maka tak heran jika tempat ini selalu penuh dengan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara hanya untuk sekedar melihat sunrise di gunung ini. Apalagi pada saat liburan tiba dan juga pada saat penyelenggaraan event yang digelar digunung ini, misalnya Upacara Yadnya Kasada, hari besar Karo Tengger, Jazz gunung Bromo, dan bahkan Bromo Marathon yang diselenggarakan di Tosari Pasuruan yang masih masuk kawasan wisata gunung Bromo.

Untuk dapat menikmati sunrise kita bisa menginap di penginapan / hotel terdekat seperti Hotel Java Bavana, Cave Lava Hostel atau yang lainnya. Atau jika budget kita tipis kita bisa menyewa homestay yang didalamnya sudah termasuk kamar-kamar dan dapat dipakai untuk satu keluarga besar (mampu menampung sampai sekitar 15 - 22 orang). Untuk info homestay atau penginapan baca postingan "Persewaan penginapan di Bromo"

Pada saat pagi hari ketika akan berangkat menuju Puncak Penanjakan 1 (spot / view point untuk melihat sunrise di Bromo) kita sebaiknya menyewa sebuah Jeep, dikarenakan medan menuju spot penanjakan sangat tidak memungkinkan untuk ditempuh kendaraan umum.

Untuk jeep biasanya bisa langsung dipesan bersama pada saat kita menyewa penginapan / homestay. Dan dengan jeep ini pula kita bisa mengeksplorasi kawasan wisata gunung Bromo, termasuk Kawah Bromo didalamnya dalam satu paket jeep. Untuk informasi jeep silakan baca postingan sewa jeep murah di Bromo.

Dibalik keindahan kawah Bromo terdapat misteri / legenda yang sangat terkenal yaitu Joko Seger dan Roro Anteng. Upacara sesaji selalu diselenggarakan setiap tahunnya pada bulan pertama di bulan Kasada untuk memperingati peristiwa pengorbanan putra dari Joko Seger dan Roro Anteng yang bernama Raden Kusuma. Cerita lengkapnya silakan baca postingan Legenda Gunung Bromo.

Kawah Ijen Banyuwangi

tempat wisata di jawa timur
Siapa yang tdak kenal dengan Kawah yang satu ini? Bagi para backpacker dan juga fotografer tentu sudah tidak asing lagi. Kawah Ijen merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang lain dari pada kawah lainnya diseantero nusantara. Mengapa demikian? Karena kawah ini mempunyai Blue Fire yang konon hanya ada 2 tempat didunia ini yang mempunyai yaitu di Canada dan di Indonesia.

Kawah Ijen berada di komplek pegunungan Ijen di Banyuwangi, dan seperti juga Bromo dan Kelud, kepemilikan Ijen dipegang oleh 3 wilayah administrasi yaitu Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi. Namun orang lebih sering menyebutnya Kawah Ijen Banyuwangi.

Ada yang menarik dari Kawah Ijen Banyuwangi selain Blue Fire atau api biru. Beberapa diantaranya adalah disana anda bisa menemui para penambang belerang yang bekerja mulai dari pagi sampai dengan sore. Juga anda dapat menikmati sunrise di Kawah Ijen yang tidak kalah cantiknya dengan sunrise di Bromo.

Bromo Travel Guide sudah pernah membahas tentang Kawah Ijen, dan untuk info lebih detailnya bisa anda baca postingan "Kawah Ijen - Negeri di Atas Awan"

Kawah Wurung Bondowoso

tempat wisata di jawa timur
Mungkin belum banyak yang tahu akan keberadaan tempat wisata di Jawa Timur ini kecuali masyarakat terdekat dengan wilayah Kawah Wurung ini. Kawah Wurung terletak di daerah Jampit Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso disebelah barat dari kawasan wisata Kawah Ijen

Walaupun dinamakan Kawah Wurung, akan tetapi tempat ini bukanlah sebuah kawah seperti namanya. Tempat ini lebih mirip dengan perbukitan hijau semacam bukit Teletubbies di Bromo. Mungkin dari kata "wurung" sendiri yang berarti batal. Ketika akan menjadi kawah tetapi tidak jadi, mungkin begitu ^_^ (asal saja....)

Selain menikmati keindahan Kawah Wurung, kita juga dapat menikmati keindahan sabana. Untuk Hunting atau yang suka selfie disinilah tempatnya. Karena disini terdapat banyak tempat yang mempesona.

Akses dari arah Bondowosopun juga sangat mudah, kita cukup menuju ke kawasan sempol dari arah Bondowoso, setelah itu kita tinggal menuju ke kawasan Jampit. Setelah tiba didaerah Sempol diawal kita masuk kawah wurung kita sudah disuguhin pemandangan-pemandangan yang membuat mata terpana dan ingin berlama-lama di sana.

Demikian postingan Tempat wisata kawah di Jawa Timur, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat. Untuk harga dan pemesanan paket wisata bromo murah silakan hubungi kontak kami.

Tempat Wisata di Jawa Timur

Thanks for reading & sharing Bromo Tour Guide

Previous
« Prev Post