HUBUNGI KAMI


Bromo Travel Guide

Office : 0335-4513883
Phone/Whatsapp : 085233330011
Pin BB : 599E16ED

Bromo Travel Guide Email


Kantor Pemasaran

Jl. Brantas 370 Kademangan Probolinggo 67225 Jawa Timur Indonesia
Home » , » Bukit Kingkong Bromo, alternatif tempat melihat sunrise di Bromo

Bukit Kingkong Bromo, alternatif tempat melihat sunrise di Bromo

Bukit Kingkong Bromo

Bukit Kingkong Bromo. Tidak banyak wisatawan yang tahu tentang keberadaan view point yang satu ini. Setiap berwisata ke Bromo untuk melihat wisata bromo sunrise, dibenak kita selalu saja penanjakan 1 sebagai tempat terbaik untuk melihat sunrise. Padahal masih ada beberapa tempat atau view point lagi yang dapat kita jadikan alternatif untuk melihat sunrise di gunung Bromo. Diantaranya yaitu Penanjakan 2 Bromo, Bukit cinta (Love Hill) dan Bukit Kingkong atau juga disebut dengan Bukit Setya.

Bukit kingkong Bromo adalah salah satu spot atau view point untuk melihat sunrise di Bromo yang terletak atau berlokasi sekitar 2,5 km dari Penanjakan 1 Bromo. Lebih rendah daripada Penanjakan 1 dengan ketinggian 2.600 meter diatas permukaan air laut. Walaupun tak se-terkenal penanjakan 1 dan penanjakan 2 Bromo namun tempat ini pantas anda jadikan alternatif sebagai tempat untuk melihat sunrise di Gunung Bromo, apalagi jika penanjakan 1 telah sesak oleh pengunjung Bromo pada hari-hari libur atau pada hari Kamis sampai dengan Minggu walaupun harga pada hari-hari tersebut bisa dibilang mahal (lihat postingan harga tiket masuk wisata bromo).

Mengapa dinamakan Bukit Kingkong ? Saya sendiri belum tahu alasannya mengapa, akan tetapi beberapa sumber yang pernah saya tanya mengenai hal ini adalah karena salah satu tebing yang menonjol di bukit kingkong ini jika diamati lebih lama menyerupai kepala dan wajah Kingkong. Mungkin inilah sebabnya banyak yang menyebut tempat ini sebagai Bukit Kingkong. Tebing yang terpahat alami itu berada tepat di belakang pagar pembatas pengunjung untuk berdiri. Batuan yang menonjol dan beberapa ceruknya seolah menyerupai mata dan hidung Kingkong. Hmm... ada benarnya juga sih. ^_^

Bukit Kingkong Bromo

Akses ke Bukit Kingkong pun juga sangat mudah, kita hanya perlu berjalan 200 meter dari tempat parkiran Jeep, bandingkan dengan Penanjakan 1 yang terkadang memerlukan jarak 700 meter dari parkiran jeep pada saat view point utama penuh sesak dengan pengunjung pada hari libur. Setelah tiba ditempat menurunkan penumpang dari Jeep, kita akan menyusuri jalan aspal menurun, tiba disebuah persimpangan, ambil arah kiri, barulah kita sampai pada tempat tersebut.

Fasilitas di Bukit Kingkong Bromo

Bukit Kingkong Bromo juga telah difasilitasi dengan beberapa sarana dan prasarana, diantaranya jalan-jalan juga sudah dipaving dan diberi pagar setinggi dada orang dewasa untuk keamanan pengunjung dan tempat parkirpun juga cukup luas bila dibandingkan penanjakan 1. Jadi tidak ada alasan yang penting untuk tidak memilih tempat ini sebagai spot atau view point anda untuk menikmati matahari terbit di gunung Bromo. Selain itu pihak pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) juga telah membangun kawasan Seruni (baca : Penanjakan 2 Bromo) dan Bukit Cinta yang berada dibawah tempat ini.

Walaupun tempat ini tidak setinggi Penanjakan 1 Bromo akan tetapi pemandangan disini pada saat matahari terbit tidak kalah indah dengan Penanjakan 1 Bromo. Berada disini kita akan merasakan seolah sedang berdiri di atas awan. Hampir sama dengan bukit 29 di lumajang (baca postingan B29 Argosari Lumajang). Disini kita juga bisa melihat indahnya Gunung bromo, lautan pasir dan Gunung Semeru serta permukiman warga di Probolinggo dari tempat yang berbeda dari view point lainnya.

Akses menuju Bukit Kingkong Bromo

Untuk sampai dilokasi Bukit Kingkong Bromo, para pengunjung bisa melewati beberapa jalur antara lain dari jalur Wonokitri Kabupaten Pasuruan atau juga bisa dari jalur Cemorolawang, Ngadisari, Probolinggo dan dari Desa Ngadas, Poncokusumo, Malang. Sejak tahun 2012 pihak pengelola Taman Nasional membatasi kendaraan pribadi yang akan memasuki kawasan Bromo dan sekitarnya, jadi pengunjung hanya bisa sampai pintu masuk (portal) saja. Dari pintu masuk pengunjung dapat menyewa ojek atau jeep Bromo dengan tarif berbeda tergantung berapa lokasi wisata yang akan dituju (untuk harga silakan baca postingan sewa jeep bromo dan paket pilihannya).

Demikian ulasan tentang Bukit Kingkong Bromo, semoga bermanfaat bagi anda yang berencana untuk mengunjungi wisata gunung Bromo. Untuk harga dan pemesanan paket wisata bromo murah, silakan menghubungi kontak person kami.

Baca juga :

Bukit Kingkong di Bromo

Thanks for reading & sharing Bromo Tour Guide

Previous
« Prev Post