HUBUNGI KAMI


Bromo Travel Guide

Office : 0335-4513883
Phone/Whatsapp : 085233330011
Pin BB : 599E16ED

Bromo Travel Guide Email


Kantor Pemasaran

Jl. Brantas 370 Kademangan Probolinggo 67225 Jawa Timur Indonesia
Home » , , » Paket Wisata Pulau Sempu

Paket Wisata Pulau Sempu

Paket Wisata Pulau Sempu

Bromo Travel Guide - Pulau Sempu, adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah
Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini salah satu objek wisata indonesia ini merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Secara geografis, Pulau Sempu terletak diantara 112° 40′ 45″ - 112° 42′ 45″ bujur timur dan 8° 27′ 24″ - 8° 24′ 54″ lintang selatan. Pulau itu memiliki luas sekitar 877 hektar, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikepung Samudera Hindia di sisi selatan, timur dan barat. Dan secara lokasi berada pada kawasan administratif desa Tambakrejo, kabupaten Malang, kecamatan Sumbermajing wetan.

Objek Wisata Pulau Sempu

Paket Wisata Pulau Sempu - bromotravelguide.blogspot.com
Nama Pulau Sempu sendiri sebenarnya berasal dari nama sejenis tanaman obat yang saat ini amat langka, yakni pohon Sempu. Anehnya, meski bernama pulau Sempu, tak satupun pohon Sempu yang masih berdiri di areal hutan tropis maupun hutan pantai pulau itu. Malah banyak pohon jenis lain yang tumbuh subur disana, semisal Bendo dan pohon-pohon raksasa lainnya. Kawasan yang berstatus cagar alam itu, memiliki hutan yang masih terjaga dengan baik. Meskipun dulu pernah menjadi lahan latihan militer.

Pulau Sempu memiliki empat ekosistem yakni ekosistem hutan mangrove, ekosistem hutan pantai, ekosistem danau dan hutan tropis dataran rendah. Sesuai penelitian beberapa ahli, iklim kawasan pulau Sempu termasuk tipe C dengan curah hujan rata-rata 2.132 mm per tahun. Musim hujan umumnya terjadi pada bulan Oktober dan April, sedangkan musim kemarau terjadi antara bulan Juli sampai September. Di pulau Sempu terdapat lebih dari 223 jenis tumbuhan, dan 144 lebih jenis burung spesies baru dan mamalia dan hewan langka lainnya. 

Paket Wisata Pulau Sempu - bromotravelguide.blogspot.com
Keunikan Pulau Sempu adalah  adanya Segara Anakan, sebuah telaga kecil di dalam pulau Sempu yang airnya berasal dari deburan ombak pantai selatan. Dengan air yang berwarna biru toska membuat suasana menjadi asri dan dapat menyegarkan pikiran kita. Air Danau Segara Anakan sebenarnya berasal dari air Laut Samudera Hindia. Air itu masuk melalui lubang bulat besar di tebing bagian tenggara. Sehingga saat ombak masuk, air akan terlihat begitu indah bak semburan sang naga. Jika naik ke atas tebing di sisi Segara Anakan, bakal terlihat hamparan Samudera Hindia yang amat luas.

Pengunjung yang beruntung bisa saja melihat lumba-lumba ataupun penyu yang tengah berenang. Namun, jika tidak beruntung, barangkali akan menemukan jejak kucing hutan. Jejak binatang penyembunyi itu ditemukan di pantai tak bernama dibalik punggungan bukit Segara Anakan di pulau Sempu. Ketika berkunjung ke Segara Anakan, maka sudah selayaknya menyusuri pantai dan gunung menuju Long Beach (pantai panjang). Long Beach, sesuai namanya memiliki hamparan pasir pantai yang panjang dan luas.

Akses ke Pulau Sempu

Untuk mencapai lokasi ke desa tambakrejo anda membutuhkan waktu hingga 4 sampai 5 jam dari Malang, setiba disana anda menyeberang dari pantai sedang biru ke pulau Sempu menggunakan perahu sewa, disini petualangan anda baru dimulai, untuk mencapai laguna / Segara Anakan anda harus menempuh jarak hingga 2,5 Km dengan medan berlumpur ( jika pada musim hujan ) menelusuri rerimbunan hutan hujan tropis, perkiraan total perjalanan normal 6 sampai 7 jam untuk sampai ke Segara Anakan.

Akan tetapi, setiba anda dilaguna Segara Anakan letih anda telah terbayar, begitu indah laguna ini nuansa intim pertama kali akan anda lihat dengan pasir putih pantai dan hijaunya laguna, mengabadikan keindahan laguna hingga di bukit tertinggi merupakan pengalaman wajib anda, sebelum menggelar tenda di bibir pantai.

Paket wisata pulau Sempu

Pada kesempatan ini kami menawarkan kepada anda paket wisata pulau Sempu 3 hari 2 malam. Adapun perincian perjalanan yang kami tawarkan adalah sebagai berikut :

Hari 1 : Surabaya/Malang – Pulau Sempu
  • Setelah penjemputan di Malang (Bandara/Stasiun/Hotel) pagi hari, melanjutkan perjalanan menuju Sendang Biru (perjalanan sekitar 2 jam).
  • Setelah tiba di Pantai Sendang Biru menyeberang menuju Teluk Semut, sekitar 15 menit Perjalanan.
  • Soft trekking / jalan kaki dari teluk semut menuju Segara Anakan sekitar 2 jam (kondisi medan kering).
  • Setelah tiba di Segoro Anakan anda bisa berenang, snorkeling dll.
  • Istirahat dan bermalam disini (Camping).
Hari 2 : Pulau Sempu – Wisata Gunung Bromo
  • Setelah puas menikmati keindahan Segoro Anakan sekitar jam 10 pagi kembali menuju Teluk Semut.
  • Menyeberang kembali ke Sendang Biru, mandi, makan dan persiapan menuju Gunung Bromo.
  • Transfer ke Bromo, perjalanan sekitar 5-6 jam.
  • Chek in Hotel di sekitar Obyek Wisata Bromo dan istirahat.
Hari 3: Bromo Sunrise – Surabaya/Malang
  • Bromo Sunrise Tour start jam 3.30 pagi, langsung menuju puncak penanjakan ditepi gunung tengger dengan Jeep / Hardtop.
  • Setelah puas,turun ke Lautan Pasir Bromo.
  • Dari parkiran Jeep / Hardtop dengan kuda atau jalan kaki menuju kawah Bromo.
  • Setelah puas, kembali hotel.
  • Sampai di hotel, sarapan pagi, mandi dan Check Out.
  • Transfers out Surabaya/Malang.
Demikian postingan Paket Wisata Pulau Sempu. Untuk informasi lebih lanjut silakan anda memesan pada kami dengan meng-klik link Pemesanan.

Paket Wisata Pulau Sempu

Thanks for reading & sharing Bromo Tour Guide

Previous
« Prev Post